Evaluasi Aplikasi E-Business (Analisis pada Website Zalora Indonesia)

Website merupakan produk teknologi informasi yang terbilang paling populer, namun terkadang banyak website yang hadir tanpa kualitas yang bagus sehingga tidak dapat menyampaikan informasi yang dibawa. Kualitas sebuah website tentunya tergantung kepada pengujian dan pengawasan terhadap kualitas website itu sendiri.

Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan sebuah parameter sebagai acuan dalam penilaian kita. Ada banyak sekali parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah website. Namun secara umum ada beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti:
  • Accessibility (Aksesibilitas), yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam hal aksesnya. Apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA? Karena tujuan membuat web adalah untuk menyebarkan informasi, oleh karena itu sebuah website harus dapat diakses oleh seluas-luasnya pengguna. Dalam pembangunan sebuah situs web diharapkan tidak gegabah agar hasil yang diperoleh lebih maksimal dan dapat “dinikmati” berbagai keadaan user.
  • Readability (Kenyamanan), yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”. 
  • Speed (Kecepatan), yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Semakin cepat sebuah situs melakukan loading time maka semakin baik, begitu juga sebaliknya. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Loading time ditentukan dari kapasitas akses user yang berbeda-beda (bandwith, komputer), ukuran file halaman web dan file-file lainnya (image, audio, style, animasi, dll). Selain itu, penggunaan komponen web (banner, icon ,image navigasi) juga dapat mempengaruhi loading time. Untuk pengisian konten hendaknya orisinal, bermanfaat, global atau justru lokal valuable, dan terstruktur dengan baik. Bagian yang penting lainnya adalah design dan usefulness. Dalam melakukan perancangan (design) kita harus memperhatikan estetika yang padu antara warna, layout, elemen, dan tipografi. Yang merupakan syarat untuk usefulness adalah utilitas, fungsionalitas, aksesibilitas, dan menggunakan teknologi yang tepat.
  • Content (Konten), yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju guna mengundang minat para pembaca dan tidak merasa bosan dengan konten tersebut.
  • Technology (Teknologi), maksud dari teknologi disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.
Setelah mengetahui parameter – parameter umum dalam menilai sebuah website, kita telah dapat melakukan evaluasi terhadap suatu website. Disini saya memilih website Zalora Indonesia sebagai bahan analisis saya, yang bisa diakses melalui alamat ini: http://www.zalora.co.id

SEKILAS TENTANG ZALORA

Zalora sebagai online fashion destinasi terbesar di Asia Tenggara, didirikan pada awal tahun 2012. Zalora berada di Singapura, Indonesia, Malaysia & Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Hong Kong. Memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal, internasional dan designer, pelanggan dapat berbelanja online dengan pilihan produk fashion pria dan wanita mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris dan produk kecantikan.

Pelanggan Zalora dapat menikmati kemudahan 30 hari gratis pengembalian, Pengiriman Gratis*, Pengiriman Tercepat selama 1-3 hari kerja dan beberapa metode pembayaran termasuk COD (Cash On Delivery). Zalora Indonesia merupakan bagian dari ZALORA Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru.


Zalora hadir sebagai online shop yang berkomitmen untuk memuaskan konsumen dengan menyediakan berbagai produk istimewa dan layanan yang memuaskan. Sebagaimana yang diinformasikan dalam official websitanya, Zalora selalu menambahkan model terbaru untuk melengkapi koleksi brand yang tersedia dan memaksimalkan perannya sebagai sumber tips-tips trendi dan fashion advice yang senantiasa membantu konsumen untuk berbelanja dengan penuh percaya diri. Dengan komitmen dan kemudahan akses di berbagai situsnya, Zalora hadir sebagai online shop yang menyediakan layanan terbaik demi konsumennya.

TAMPILAN WEBSITE

Halaman website Zalora dibuat begitu menarik dan simpel. Zalora telah mendesain sebuah sistem navigasi yang mampu memandu konsumen untuk transaksi dan membeli barang dengan mudah. Halaman produk pada website ini mencerminkan halaman yang sangat informatif mengenai detail produk, pilihan motif, ketersediaan stok. Hal ini sangat membantu konsumen untuk memilih produk atau pilihan motif yang sesuai selera, dengan berbagai macam desain yang telah tersedia, website ini juga menyediakan quick link yang memudahkan konsumen untuk mengecek informasi terbaru atau barang baru, barang yang telah di kirim atau resi pengiriman barang, memudahkan mencari barang yang kita inginkan, serta mengetahui tentang fitur layanan bebas ongkos kirim, Cash on Delivery, garansi barang, dan informasi melalui telepon jika ada masalah tentang pengaduan barang.

KONTEN

Berbagai konten tentang produk yang tersedia pada website ini disusun dengan sangat rapi dan jelas. Konten yang tersedia juga lengkap. Produk-produk tersebut dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kategori wanita dan pria. Semua produk tersebut di tampilkan di website Zalora dengan informasi yang sangat jelas dan lengkap. Informasi tersebut mencakup pilihan ukuran, tabel ukuran, rincian produk, bahkan gambar yang menampilkan semua sisi produk. Beberapa konten yang tersedia pada website Zalora:
  • Home. Berisikan tentang halaman depan website yang terdiri dari informasi umum seputar Zalora.
  • Account. Pendaftaran sebagai member sebelum melakukan transaksi jual-beli.
  • Marketplace
  • Outlet
  • Magazine (Zalora Magazine), berisikan tentang berita fashion, trend dan gaya terbaru.
  • Layanan. terdiri dari FAQ, Panduan mengenai ukuran barang, cara pengambalian barang, product index, promo, konfirmasi tansfer, kontak person, lacak pesanan.
  • Tentang Zalora. berisikan seputar tentang sejarah Zalora, media, karir, kebijakan privasi, affiliate marketing, persyaratan dan kententuan dsb.
  • Sosial Media. Di dalam website ini tersedia juga list dari berbagai macam situs yang dapat mempermudah konsumen untuk mengakses segala informasi tentang Zalora sekaligus berhubungan dengan pihak Zalora secara langsung, seperti facebook, twitter, blogger, instagram youtube dsb.
  • Pembayaran dan Jasa Pengiriman. Zalora mencantumkan secara lengkap mengenai jenis pembayaran yang dapat digunakan dan jasa pengiriman yang dapat dipilih konsumen.

KECEPATAN AKSES

Website Zalora terbilang cukup cepat dan mudah dalam hal aksesnya sekalipun diakses melalui ponsel. Namun terkadang akses bisa saja lambat jika jaringan yang digunakan pengakses sedang tidak dalam kondisi baik.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN


  • Tersedianya fasilitas Live Chat yang dapat digunakan konsumen terkait dengan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan secara langsung (online) dengan Zalora
  • Tampilan website yang diakses melalui ponsel tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan mengakses melalui PC.
  • Website mudah digunakan oleh siapa saja dan dapat diakses di mana saja.
  • Berbagai macam Brand terkenal yang tercantum pada website menjadi nilai tambah bagi website, hal ini dapat dijadikan daya tarik terhadap konsumen pada produk yang ditawarkan.
  • Selain fasilitas Live Chat, website Zalora ini memiliki akses Help bagi para pengunjung yang menemukan kesulitan pada proses apapun.
  • Website Zalora ini sudah memenuhi syarat dalam menerapkan metode komputasi modern.
  • Tingkat keamanan tinggi dan tidak ada sesuatu yang membuat website ini tidak nyaman untuk dilihat. Pelanggan juga tidak perlu khawatir akan kemananan bertransaksi, karena Zalora ini adalah salah satu online store terbesar yang ada di Indonesia.
Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan pada wabsite Zalora, karena website ini sudah dirancang dengan sangat simpel namun lengkap dan jelas tentang berbagai informasinya serta tampilannya yang menarik sehingga tidak mempersulit pelanggan dalam mengakses atau memesan produk karena prosedur pemesanan, pembayaran serta pegecekan pesanan sudah tercantum dengan sangat rinci dan mudah dipahami.

Sumber:
-http://ikhsanputrapratama.blogspot.com/2013/04/web-evaluation-mengevaluasi-sebuah.html Diakses tanggal 16 Desember 2014
-http://www.zalora.co.id Diakses tanggal 16 Desember 2014

Comments

Popular Posts